Friday, July 3, 2015

Selamat Ulang Tahun, Gagas Media!


Selamat ulang tahun yang ke-12, Gagas Media! 

Terima kasih karena sudah menjadi salah satu penerbit buku favorit gw (dan banyak remaja lainnya) selama ini. Terus bergegas ya!

Selain karena banyak buku-buku yang diterbitkan menarik, Gagas Media juga sering mengadakan banyak event yang ga kalah menarik. Terima kasih juga karena sudah mengadakan Kado untuk Blogger! Di sini gw akan menjawab 12 pertanyaan yang diberikan.

Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!

Ini adalah 12 buku favorit gw dari antara buku-buku yang gw inget pernah gw baca (acak ya, jadi nomor 1 belum tentu lebih bagus dari yang nomor 2!):
1. The Song of Achilles karya Madeline Miller
2. Melbourne karya Winna Efendi
3. The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of the Window and Disappeared karya Jonas Jonasson
4. The Book of Lost Things karya John Connolly
5. Sunshine Becomes You karya Ilana Tan
6. The Cuckoo's Calling karya Robert Galbraith (a.k.a J. K. Rowling)
7. Silkworm karya Robert Galbraith
8. Looking for Alaska karya John Green
9. The Fault in Our Stars karya John Green
10. Glass Sneakers karya Freesia Lockheart
11. In a Blue Moon karya Ilana Tan
12. A Love at First Sight karya Jennifer E. Smith


Buku apa yang pernah membuatmu menangis, kenapa?

Yang bikin nangis banyak, dari yang hanya setetes air mata sampai seluas Danau Toba (ga juga sih, tapi ya gitu), tapi tangisan yang paling gw ingat itu ketika gw baca halaman-halaman terakhir Sunshine Becomes You. Waktu itu sekitar jam 2 pagi. Semua anggota keluarga lagi tidur, kecuali papa yang lagi nonton bola dengan volume TV super kecil. Gw terpaksa harus meneteskan berliter-liter air mata tanpa suara kalau ga mau diketawain sama papa. Gw sangat menderita waktu itu. 

Kenapa? Karena Ilana Tan membuat semua karakter dan kejadian sangat nyata hingga pada akhirnya gw merasa sangat sedih, seakan kedua tokoh utama benar-benar nyata dan kejadiannya benar-benar terjadi.

Hal serupa juga terjadi ketika gw membaca TFIOS. 

Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?

Mari kita akui bahwa John Green melahirkan banyak remarkable, deep, and inspiring quotes! Ini dari TFIOS dan ini salah satu yang paling menginspirasi. Harus gw akui juga kalau quotes John Green itu overquoted, mungkin sampai bosen dengernya ada dimana-mana, tapi ini tetap termasuk favorit gw. Fix. Mari bersyukur atas apa yang kita punya seperti yang dilakukan Hazel Grace.


Siapakah tokoh di dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok dengannya. Hehe.

BANYAK! Tapi gw ga suka perselingkuhan, jadi gw terpaksa memilih... *drumrolls* Lucas Ford dari In a Blue Moon. Ummm... gw tidak bisa menemukan alasan lain selain: dia bisa masak, gw senang makan.

Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kamu lupakan!

Yang paling berkesan dan ga akan gw lupakan mungkin adalah ending novel Melbourne. [SPOILER] Gw suka ending-nya karena bagi gw itu menjanjikan, ga banyak basa-basi, dan natural. Laura datang ke Max di tempat favorit mereka seakan dia tau Max lagi di sana dan mereka mengerti apa yang dirasakan satu sama lain. How sweet. <3

Buku pertama GagasMedia yang kamu baca, dan kenapa kamu memilih itu?

Melbourne. Waktu itu guru Bahasa Indonesia kasih tugas menganalisa setting dan alur cerita (kalau ga salah). Waktu itu gw lagi seneng-senengnya sama novel terjemahan, jadi ga update soal penulis-penulis Indonesia. Gw suka cover Melbourne, jadi gw ambil dari rak toko buku. Pas baca sinopsis di belakangnya, gw tertarik. Tapi gw mau liat-liat yang lain dulu, jadi gw tinggal di rak. Setelah sekitar setengah jam, gw memutuskan bahwa gw paling suka sama Melbourne, jadi gw kembali dan membelinya. Ternyata bukunya sangat bagus. :'D

Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang menurutmu menarik, kenapa?

The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of the Window and Disappeared, karena mungkin ini buku dengan judul terpanjang yang pernah gw baca seumur hidup. LOL.

Sekarang, lihat rak bukumu... cover buku apa yang kamu suka, kenapa?


Karena ilustrasinya super unyu! Selain itu juga mengandung makna yang cukup dalam haha.

Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?

Ummm... tergantung suasana hati ya sepertinya. Tapi mungkin gw lebih banyak baca cerita bertema cinta yang serius. Maksudnya bukan cerita masa-masa SMA, karena endingnya jarang menjanjikan MENURUT GW. Jadi untuk romance, gw lebih senang baca buku di mana karakternya sudah bekerja. Hehe. Kalau boleh bicara soal genre, gw lebih ke teen fiction, romance, crime, dan historical fiction (walaupun kadang gw baca buku di luar tema dan genre ini).

Siapa penulis yang ingin kamu temui, kalau sudah bertemu, kamu mau apa? 

Gw sudah bertemu salah satu penulis yang ingin gw temui yaitu kak Winna Efendi di Jakarta Book Fair 2014. Salah satu life goal hehe (terima kasih Gagas!). Gw juga ingin bertemu kak Ilana Tan. Mau tanya banyak hal mengenai cara ia menulis bukunya, dan seperti kebanyakan remaja lainnya: mau minta autograf dan selfieeee!

Lebih suka baca e-book atau buku cetak, kenapa?

Lebih suka paperback, karena lebih dapet feels-nya haha. Tapi lumayan sering juga baca e-books di Wattpad.

Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu!

Semakin konsisten, inovatif, kreatif, dan jadi yang terbaik. Teruslah bergegas, Gagas Media!


Dan buat para blogger, event ini terbuka untuk umum kok. Silahkan cek caranya di media sosial Gagas Media ya. :)) Akhir kata, selamat ulang tahun lagi! Semoga tahun ini banyak pengembangan di berbagai aspek, walaupun menurut gw Gagas Media udah kece. Panjang umur! 

xx emilywip

P.s.: Di atas ada 12 hati loh!

No comments:

Post a Comment